1. Penjelasan tujuan dan jenis utama dalam keputusan bisnis
a.
Keputusan strategis:
Ini adalah keputusan jangka panjang yang mempengaruhi profitabilitas
dan kelangsungan hidup dari sebuah bisnis yang terkait erat dengan tujuan
bisnis. Keputusan ini berisiko. Di sini, keputusan strategis yang dibuat oleh
orang-orang top dalam organisasi seperti,CEO Direksi dan Manajer Senior.
Keputusan penting ini membentuk bisnis jangka panjang strategi selama sekitar
10-15 tahun.
Untuk Misalnya: Meningkatkan pangsa pasar sebesar 12% selama 5 tahun
ke depan.
b.
Keputusan Taktis:
Ini mencakup beberapa pendek menengah keputusan yang didasarkan pada
keputusan strategis bisnis. Kemudian tujuan Erat terkait bisnis akan memenuhi
tujuan strategis dan keputusan Taktis terus-menerus ditinjau dan diperbarui.
Untuk Contoh: Menetapkan target penjualan untuk 12 bulan ke depan.
c.
Keputusan operasional:
Jenis keputusan sehari hari rutin untuk keputusan yang dibuat oleh
bisnis. Ini membantu organisasi untuk mencapai tujuan mereka dengan mudah dan
terdiri dari beberapa masalah jangka pendek pemecahan praktis.
Hanya pengusaha yang sukses tahu bahwa produk tersebut adalah sebagian
kecil dari bisnis. Para pengusaha menang yang besar untuk menangani dan mereka
benar menginvestasikan waktu mereka dalam belajar tentang pembeli, kebutuhan
investor. Jadi mereka belajar dengan baik untuk menghabiskan waktu mereka
secara efisien
2. Lingkungan bisnis dan contoh penerapannya
pada perusahaan
Lingkungan bisnis merupakan segala
sesuatu yang mempunyai pengaruh terhadap aktivitas usaha atau bisnis dalam
suatu perusahaan atau jenis usaha lainnya, dan dapat menimbulkan suatu peluang
maupun ancaman dalam perjalanannya
Contoh penerapan lingkungan bisnis dari
segi perilaku etika bisnis
Dalam lingkungan bisnis yang
semakin kompetitif sekarang ini seringkali kita bisa dengan mudah menyebut
tentang etika dalam bisnis dan tanpa kita sadari bahwa hal itu dewasa ini
sepertinya kurang lagi diwujudkan dalam kegiatan Bisnis. Dalam dunia bisnis
sekarang ini seseorang nampak tidak lagi memperhatikan etika justru ia semakin
menjatuhkan lawannya dengan berbagai cara guna mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya. atau untuk mendapatkan promosi jabatan dan terkadang untuk
tetap dapat menduduki suatu jabatan yang mereka inginkan. Tanpa pandang kawan
mereka menganggap semua lawan. Sejatinya Lingkungan bisnis yang mempunyai
perilaku etika. Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan antara lain yaitu pengendalian diri, pengembangan tanggung jawab
sosial, mempertahankan jati diri, menciptakan persaingan yang sehat, menerapkan
konsep pembangunan tanggung jawab sosial, mempertahankan jati diri, menciptakan
persaingan yang sehat, menerapkan konsep pembangunan yang berkelanjutan,
menghindari sikap 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi)
mampu mengatakan yang benar itu benar, dll.
Contoh:
Contoh penerapan etika dan moral dalam
lingkungan Bisnis :
a. saat
menjelang hari raya, para anggota DPR dilarang menerima bingkisan dalam bentuk
apapun(pengendalian diri)
b. Pada saat
ramadhan, pelaku bisnis mengadakan santunan kepada anak yatim (Pengembangan
tanggung jawab sosial)
c. menciptakan
sebuah perencanaan yang akan digunakan dalam memajukan dunia bisnis
kedepannya(menerapkan konsep"pembangunan berkelanjutan")
d. Menaati segala
peraturan yang telah ditetapkan perusahaan dan menjalankannya dengan sebaik
mungkin (konsekuen dan konsisten dengan aturan mainyang telah disepakati
bersama)
Contoh penerapan moral dalam dunia
Bisnis adalah :
a. bersaing
secara sehat untuk mencapai target bisnis
b. bagi
pemilik bisnis harus memperhatikan kesejahteraan karyawan ataupun golongan
rendah
c. Tidak
mudah tergoda oleh bujukan-bujukan yang cenderung merugikan dunia bisnis
3. Jelaskan bentuk yudiris perusahaan di
indonesia, contoh dan keuntungannya
Badan
usaha adalah suatu organisasi yang merupakan kesatuan yuridis dan yang berusaha
mencari keuntungan menggunakan faktor-faktor produksi. Disebut kesatuan yuridis
karna biasanya badan usaha berbadan hukum.
Bentuk perusahaan dari segi yuridis
yang di temukan di indonesia :
a.
Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang
di awasi dan di kelola oleh seseorang
b.
Firma adalah suatu bentuk perkumpulan usaha
yang didirikan oleh beberapa orang dengan nama besar
c.
Perseroan Komanditer (CV) adalah suatu
persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang yang masing-masing menyerahkan
sejumlah uang dalam jumlah yang tidak perlu sama
d.
Perseroan Terbatas(PT) adalah suatu badan yang
mempunyai kekayaan,hak milik. Tanda keikutsertaan seseorang memiliki perusahaan
adalah dengan memiliki saham perusahaan
e.
Perusahaan Negara(PN) adalah perusahaan yang
bergerak dalam bidang usaha yang modalnya secara keseluruhan dimiliki oleh
negara, kecuali jika ada hal-hal khusus berdasarkan undang-undang
f.
Koperasi adalah bentuk badan usaha yang
bergerak dibidang ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan
anggotanya yang bersifat murni,pribadi dan tidak dialihkan
CONTOH dan
KEUNTUNGANNYA
Contohnya adalah sebuah CV
Keuntungan membuka CV, yaitu :
a.
Proses pendirian relatif lebih cepat dan
mudah.
b.
Tidak perlu mendapatkan pengesahan dari
Menteri Hukum & HAM RI maupun instalasi lainnya.
c.
Biaya yang dibutuhkan lebih murah.
d.
Bebas menggunakan nama perusahaan tanpa ada
persetujuan dari Menteri atau Instalasi terkait.
e.
Salah satu pendiri berkeinginan untuk memilki
tanggung jawab penuh dalam melaksanakan kegiatan usahanya.
4. Tanggung jawab sosial Corporate Social Responsibility
CSR dalam bisnis perusahaan dan contohnya 3 bulan terakhir di indonsia
Perubahan
situasi nasional beberapa tahu terakhir, terlebih pada era otonomi daerah telah
mengakibatkan tuntutan masyarakat kepada perusahaan agar memberikan kontribusi
yang lebih untuk pembangunan di daerah. Kepedulian perusahaan untuk membangun
masyarakat sekitarnya, telah menjadi salah satu criteria penilaian publik.
Contohnya
:
PT
Pamapersada Nusantara sebagai sebuah perusahaan nasional yang bergerak dalam
bidang kontraktor pertambangan, jauh sebelum adanya tuntutan tersebut diatas
telah bertekad menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara,
sebagai Catur Dharma Astra dari PT. Astra Internasional sebagai induk
perusahaan.
Tujuan
kebijakan ini untuk mewujudkan perusahaan yang aman, bersahabat dan bermanfaat
bagi masyarakat sehingga dapat mendukung visi kita; "To Be World Class
Mining Contractors With The Best Productivity, Engineering, Safety, and
Environment".
Oleh
manajemen sangat disadari pentingnya "Community Development" sebagai
salah satu kunci keberhasilan dan kelestarian usaha. Perwujudannya,
keterlibatan perusahaan yang berkesinambungan bersama-sama stake holder lainnya
untuk ikut membanttu tugas pemerintah meningkatkan kwalitas hidup masyarakat,
utamanya disekitar proyek, dengan membrdayakan potensi dan budaya yang ada,
sehingga mandiri serta merasakan manfaat adanya usaha dan keberadaan perusahaan
diwilayahnya.
5. Perbedaan fungsi manajemen di setiap tingkatan
manajemen
Ada 3. Fungsi manajemen
a.
Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa
yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk
menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi
tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil
tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat
digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses
terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi
lainnya tak dapat berjalan.
b.
Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan
tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan
orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi
tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa
yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas
tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada
tingkatan mana keputusan harus diambil.
c.
Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan
untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran
sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
Fungsi tersebut dilaksanakan kedalam
tingkatan manajemen mulai dari bawah ke atas:
a.
Manejemen lini pertama (first-line
management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan
manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan
non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut
penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer
departemen, atau mandor (foreman).
b.
Manajemen tingkat menengah (middle
management), mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini
pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya.
Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin
proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
c.
Manajemen puncak (top management), dikenal
pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan
strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top
manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information
Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
6.
Menghubungkan
keahlian dalam tingkatan manajemen dan contohnya
Secara umum, terdapat emat keahlian
manajemen pada masing-masing tingkat manajemen:
a.
Keterampilan konseptual
Ketrampilan atau kemampuan mental untuk
mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan
organisasi.
b.
Keterampilan Kemanusiaan
Kemampuan untuk saling bekerja sana dengan
memahami dan memotivasi orang lain.
c.
Keterampilan Administrasi
Kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi
manajemen yang dilakukan.
d.
Keterampilan Teknik
Kemampuan untuk menggunakan
peralatan-peralatan, prosedur, dan metode dari suatu bidang tertentu.
Contoh :
dalam segi manajemen lini pertama dalam sebuah restoran
Jika belum
merasa membutuhkan manajer atau memang belum mampu membayar seorang manajer
untuk mengelola restoran anda, jauh-jauh hari anda harus mulai membekali diri
dengan pengetahuan manajemen yang cukup dan tentu saja berlatih. Penting untuk
mengetahui bahwa begitu banyak urusan yang harus ditangani jika anda
benar-benar ingin membuka sebuah restoran yang baik dan mendatangkan laba.
Apabila anda telah merasa tidak sanggup mengelola sendiri, ada baiknya rekrut
seseorang dengan pengalaman dan kerampilan yang memadai sebagai seorang manajer
bagi bisnis restoran anda. Anda mungkin harus mengeluarkan dana lebih banyak
demi menggaji seorang manajer, tetapi yakinlah bahwa memiliki seorang manajer
yang kompeten adalah sebuah investasi jangka panjang yang tidak akan anda
sesali di masa datang. Akan tetapi, dengan adanya manajer, tidak berarti anda
boleh bersantai-santai dan membiarkan diri anda tidak tahu sedikit pun tentang
keahlian manajemen yang baik. Bagaimanapun juga anda harus terus belajar,
sehingga anda kelak bisa mengelola restoran dengan lebih baik tanpa atau dengan
seorang manajer.
7.
Elemen-elemen
penting dalam bauran pemasaran dan dampaknya terhadap perusahaan
Ada 7 Elemen-elemen bauran pemasaran
1. Produk
(Product); merupakan barang fisik, jasa ataupun kombinasi keduanya, yang
ditawarkan kepada pasar sasaran. Produk merupakan elemen marketing mix yang
pertama yang perlu kita ketahui, untuk dapat menyusun bauran pemasaran
selanjutnya yang sesuai dengan jenis produk tersebut.
2. Harga/tarif
(Price) merupakan sejumlah uang yang harus dikeluarkan pelanggan untuk
memperoleh produk hasil perusahaan. Dalam mempertimbangkan harga harus
diperhatikan tingkat permintaan produk, perkiraan biaya produksi, harga produk
pesaing, situasi dan kondisi persaingan serta pasar sasaran, Groth (Journal of
management decision, 1995).
3. Tempat
(Place); merupakan perencanaaan dan pelaksanaan program penyaluran produk
melalui lokasi pelayanan yang tepat, sehingga produk berada pada tempat yang tepat,
pada waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen. Untuk produk industri manufaktur place diartikan sebagai
saluran distribusi (zero channel, two level channels, dan multilevel channels )
sedangkan untuk produk industri jasa place diartikan sebagai tempat pelayanan
jasa/Lokasi pelayanan jasa yang digunakan dalam memasok jasa kepada pelanggan
yang dituju merupakan keputusan kunci. Keputusan mengenai lokasi pelayanan yang
akan digunakan melibatkan pertimbangan bagaimana penyerahan jasa kepada
pelanggan dan dimana itu akan berlangsung.
4. Promosi
(Promotion); merupakan kombinasi dari variabel-variabel periklanan, penjualan
tatap muka, promosi penjualan, dan publisitas yang dilakukan perusahaan dalam
upaya mengkomunikasikan produk kepada para pelanggan (konsumen), sehingga para
pelanggan (konsumen) termotivasi/terdorong untuk melakukan pembelian.
5. Orang
(People); adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala
aktifitas perusahaan, dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi
semua organisasi. Dalam perusahaan jasa unsur people ini bukan hanya memainkan
peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetapi juga dalam
melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku orang-orang yang
terlibat langsung ini sangat penting dalam mempengaruhi mutu jasa yang
ditawarkan dan image perusahaan jasa yang bersangkutan.
6. Sarana
Fisik (Physical Evidence); merupakan suatu hal yang secara nyata turut
mempengaruhi keputusan konsumen, untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang
ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk di dalam physical evidence antara lain
lingkungan fisik, dalam hal ini bangunan fisik, perabot/peralatan,
perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya yang disatukan dengan
service yang diberikan seperti tiket, sampul, label, dan lain sebagainya.
Selain itu atmosfir dari perusahaan yang
menunjang seperti visual, aroma, suara, tata ruang,dll.
7. Proses
(Process); mempunyai arti suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan
melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.
Untuk perusahaan jasa, kerjasama antara marketing dan operasional sangat
penting dalam elemen process ini, terutama dalam melayani segala kebutuhan dan
keinginan pelanggan (konsumen) secara cepat dan tepat.
Dampaknya terhadap perusahaan dengan
adanya bauran pemasaran :
1. Perusahaan
bisa menjadi terpandang dimata masyarakat
2. Perusahaan
menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat dengan kualitas produk yang terdapat
dalam salah satu bauran pemasaran
3. Perusahaan
menjadi jebih berkembang dengan adanya bauran pemasaran
4. Perusahaan
menjadi lebih kokoh dalam segi pemasaran
Alhamdulillah bisa ketemu artikel yang pembahasannya sangat lengkap mengenai manajemen, yang dibahas di artikel ini sesuai dengan yang saya cari.. terimakasih telah membantu...
BalasHapusManajemen Keuangan
Setiap perusahaan yang sukses membutuhkan management yang solid. sehingga dalam setiap strategi Branding mendapatkan hasil yang maksimal
BalasHapus